Rabu, 14 Oktober 2009

TIPS SUKSES BERBISNIS

Apa yang ada di benak anda ketika mendengar kata bisnis?. pasti yang ada dibenak anda adalah sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan, mudah untuk memulai tapi sulit untuk mempertahankan. Ya, bisnis memang kadang kala manis, kadang juga pahit. Bisnis, memang penuh dengan risiko. Resiko merugi sudah siap didepan mata jika bisnis kita jelek dimata konsumen. Konsumen membutuhkan layanan yang prima ketika memcoba suatu produk tertentu. Dan konsumen selalu menuntut itu. Kadang konsumen tidak begitu peduli dengan harga produksi. Yang mereka pikirkan hanyalah manfaatnya dengan harga yang serendah rendahnya. Bisakah anda membuat yang demikian. Nagh, jika anda gagal, siap-siap ditinggal konsumen. Cara terbaik untuk mampertahankan suatu bisnis adalah hanya tentang kualitas dan pelayanan.

Jika anda pernah melihat sutu perusahaan yang menjual segala macam produk yang harganya selangit, lalu bisa menang dan sukses dipasaran. Itu Karena mereka bisa mempertahankan kualitas dan palayanan yang prima kepada konsumen. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memberikan pelayanan yang baik pula. Contohnya lagi, sebuah produsen lampu Neon yang berani memberikan garansi kepada pembelinya dalam jangka waktu yang lama. Padahal harga lampunya tidak seberapa. Dan mereka bisa sukses to’.

Anda tidak harus mempersiapkan segalanya untuk memulai suatu bisnis. termasuk modal. Dalam hal ini yang kita maksud adalah uang. Banyak orang menyangka bahwa untuk sukses dalam bisnis harus punya modal yang besar juga. Padahal sedikit fakta tidak seperti itu. Kalau seperti itu niscaya puspo wardoyo tidak akan memiliki warung ayam bakar wong solo yang cabangnya tersebar dimana-mana. Dan juga Bob sadino juga tidak akan mempunyai kemchick. Mereka semua memulai bisnis dari hati bukan dari ikut-ikutan. Bisnis apapun jika hanya dilandasi oleh ikut-ikutan, pasti usahanya tidak akan bertahan lama.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa langgenganya suatu bisnis dipengaruhi oleh kulitas dan layanan. Ini juga sepakat diakui oleh bambang suharno, penulis buku best seller yang berjudul MEMULAI BISNIS DARI NOL. beliau menyebutkan bahwa untuk mempertahankan kualitas dan layanan kita memerlukan usaha yang keras. Yaitu perduli dengan konsumen dan lakukan proses promosi. Jika dari satu produk anda saja dibeli oleh satu konsumen dan satu konsumen itu merasa puas kemudian menceritakan kepada temanya, nah jika temanya membeli produk dalam jumlah yang banyak karena konsumen pertama menceritakan pengalamanya dalam mebeli produk dari anda dan merasa puas maka ini bisa jadi suatu awal kesuksesan yang baik. Jangan sekali kali membodohi pembeli. Membuat produk yang bagus berkualitas hanya untuk sample percobaan saja lalu memproduksi produk kualitas rendah setelah konsumen mengakui bagusnya produk anda dari sample tersebut. itulah awal kehancuran.. yang seperti inilah disebut dengan mekanisme pemasaran malalui buah bibir. Artinya bagus tidaknya barang/jasa dari produksi anda akan tersebar meluas ke masyarakat umum.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com | Redesign by Mung Bisnis2010

Back to TOP