Kamis, 28 Januari 2010

Amankah online Banking

Amankah online Banking???

Original Posted by ; Ibnu kurniawan

Apa kabar hari ini,?’ mudah-mudahan baik selalu. Oke deh langsung aja. saya memang bukan ahli IT disini, tapi saya mencoba untuk sekedar menshare apa yang telah saya ketahui. Bukankah ada yang mengatakan “ sampaikanlah walaupun satu ayat”.

Topicnya adalah, amankah online Banking?? Akhir akhir ini, marak beredar berita tentang pembobolan kartu ATM yang dilakukan oleh para pelaku kejahatan ini. Berita seperti ini, sempat membuat para pelaku bisnis, ketakutan.

Lalu bagimanakah dengan online Banking?? Amankah??..
Tetap saja, tdk ada tekhnologi yang sempurna, disetiap tekhnologi pasti ada celah untuk bisa di rusak. Walaupun sekecil apapun. Banyak juga yang sempat khawatir bagaimana dengan nasib online Banking?? Apakah satu saat nanti uang mereka akan dibobol dan dikuras habis oleh orang orang tdk bertanggung jawab ini (cracker). Cracker adalah hacker ( ahli IT) namun menyalahgunakan keahlian mereka. Inilah yang membedakan. Banyak orang salah kaprah mengenai hal ini.

Online Banking Aman. Selama anda memerhatikan hal hal berikut.

1. bersihkan computer anda dari virus. Tidak hanya merusak file/data. Beberapa virus memang dapat menjadi jendela keluar masuknya informasi bagi orang orang yang tdk bertanggung jawab dan berniat jahat. Seperti virus “keystroke”.

2. hindari seminimal mungkin, melakukan transaksi online Banking anda di WARNET. Saya menyebut WARNET ini PASAR. Kenapa? Cari tahu sendiri. Hehehe..gak usah dijelasin.

3. Jangan menaruh data data perbankan anda di computer anda, walaupun sudah anda berikan password yang anda rasa aman.

4. backup data anda. ini penting!!. Seperti yang telah disinggung tadi, tidak ada tecnologi yang sempurna. Backup data anda minimal sebulan sekali. Ini akan menghindarkan anda apabila ada hal hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

5. Update Antivirus anda.

Setiap antiviru pada dasarnya adalah bagus. Selama anda terus melakukan UPDATE. Top antivirus free ; 1. Avira antivir 2. komodo 3. AVG antivirus 4. mc afee 5. pc mav (local). Dan lain lain.

Saya kira segitu aja tipsnya. Apabila ada tulisan yang salah, mohon dikoreksi. Atau mungkin ada yang ingin menambahkan??.

Posting Komentar

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com | Redesign by Mung Bisnis2010

Back to TOP